Pendaftaran Merek Dagang Untuk Membedakan Dengan Merek Lain

Pendaftaran Merek Dagang Untuk Membedakan Dengan Merek Lain

    Pendaftaran merek dagang dilakukan untuk menjadi pembeda dengan merek lainnya sehingga tidak terjadi pertukaran atau perbedaan ekspektasi yang akan menjadikan masalah di dikalangan masyarakat. Tapi secara lisence, merk dagang ini adalah sebuah kekuatan hukum, kekuatan bisnis dan kekuatan bagi pemilik untuk melakukan apapun. Jika kita lihat secara fungsinya, merek ini memiliki fungsi sebagai tanda pengenal hasil produksi yang dihasilkan seseorang baik itu sendiri ataupun bersama sama yang terdaftar jelas secara undang undang. Selain itu, merek dagang ini juga bisa menjadi sebuah media promosi sehingga orang lain yang memiliki maksud dengan merk tersebut hanya tinggal menyebut merknya saja. Bahkan dengan merk dagang ini, jaminan mutu dan kualitas tidak dapat diragukan lagi merupakan sebuah benda dengan barang yang standarnya telah ditentukan. Jika anda lebih dulu mendaftarkan merk dagang ini dan ada orang lain yang mendapftarkan berikutnya dengan model, jenis, ide dan lain lain yang sama, maka bisa menjadi dasar penolakan kalau pendaftar berikutnya tidak dapat didaftrakan sehingga penyebaran merk dagang yang sama dari sumber yang berbeda dapat dicegah.

    Untuk mendapatkan hal tersebut, maka anda harus melakukan pendaftaran merek dagang kepada direktorat yang bertanggung jawab dan memiliki wewenang melakukan hal tersebut. Adapun pengajuan merk dagang ini dapat dilakukan oleh siapapun baik itu perorangan, kelompok atau perkumpulan hingga sebuah badan hukum yang jenisnya CV, Perseroan dan Firma. Keuntungan yang akan dapat dirasakan oleh pendaftar merek dagang ini adalah berhak untuk memberikan lisensi kepada pihak lain atas merk dagang yang didaftrakannya, baik untuk sebagian ataupun keseluruhan sesuai dengan kesepakatan. Ini dapat menjadi sebuah bisnis yang akan memberikan nilai material apalagi jika barang yang telah memiliki merek tersebut merupakan barang yang berkualitas dan memiliki reputasi serta dibutuhkan oleh kebanyakan masyarakat. Namun anda tetap harus mengikut sertakan lisensi ini untuk dicatat di badan hukum yang anda daftarkan merk dagangnya dan ada beberapa hal yang harus ditaati dan anda patuhi sebagai pemberi lisensi begitu pula sebagai penerima lisensi atau pihak ketiganya.

    Ketika anda melakukan pendaftaran merek dagang, anda akan langsung mendapatkan perlindungan secara hukum dan hal ini telah diatur dalam Undang Undang Nomor 15 Tahun 2001 yang membahas dan mengupas habis tentang merek atau UUM. Yang lebih menguntungkan dan cukup menarik lagi adalah merek dagang ini dapat dialihkan atau dipindah tangankan sehingga ketika anda sudah tidak dapat melanjutkan sebuah produksi, maka merek dagang yang telah anda daftarkan dapat dilanjutkan oleh pihak lain yang sudah diatur dengan cara pewarisan, dengan cara wasiat, dengan cara hibah, dengan cara perjanjian dan sebab sebab lainnya yang dibenarkan oleh undang undang dan peraturan.